MEMBACA TES URINE LENGKAP

Posted: Juli 16, 2014 in Uncategorized

GudangInspirasi

Si kecil tiba-tiba saja mengeluh kencingnya sakit,badannya pun mulai sumer-sumer.Saat dilihat di bekas popok lampinnya terlihat kencingnya sedikit kemerahan. Apa yang terjadi? Kasus diatas adalah salah satu contoh keluhan yang membutuhkan pemeriksaan laboratorium berupa pemeriksaan urine lengkap. Pemeriksaan ini terdiri dari pemeriksaan umum urine dan pemeriksaan sedimen (endapan) urine.  Pemeriksaan umum urine terdiri dari warna,berat jenis,pH,protein dan beberapa zat hasil metabolisme tubuh.

Pemeriksaan sedimen urine memperlihatkan adanya erytrosit atau sel darah merah,leukosit atau sel darah putih,adanya kristal,epitel,bakteri maupun jamur.
Lalu apa pentingnya pemeriksaan urine lengkap ini?Kondisi apa saja yang perlu dilakukan pemeriksaan ini? Bagaimana ‘membaca’ hasil pemeriksaan ini? Ayo kita berselancar membahas urine ini.

Kita mulai saja dengan pemeriksaan umum urine,disini pemeriksa akan melihat warna urine apakah merah yang menandakan adanya darah, berwarna seperti teh seperti pada kasus kelainan hati atau kehijauan akibat mengkonsumsi obat-obat tertentu.Setelah melihat warna urine,pemeriksa akan memeriksa berat jenis urine, harga  normal berat jenis urine ini…

Lihat pos aslinya 566 kata lagi

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s