TRUST ME!! I’M AN AKTUARY

Posted: Desember 8, 2011 in Coretan Tentang Aktuaria

 

Kira-kira ada yang percaya kalo saya Aktuaria?? Haaaahaaaa…kayaknya gak deh…secara kampus sama orangnya beda jauh banget kayak langit dan bumi…hohohohohoho 😀 😀 😀

Aktuaria???????? kata yang tidak asing bagi saya ketika ingin melangkahkan kaki ke dunia aneh tapi nyata ini. Aktuaria tepatnya adalah jurusan yang saya ambil saat kuliah Diploma di Prodip III Aktuaria.  Awalnya saya hanya mengetahui aktuaria dari orang-orang yang sebelumnya kuliah di sana. Namun, betapa malangnya…saya hanya mendengar yang “baik-baik” aja. Semua orang yang saya tanyakan tentang aktuaria rata-rata hanya menjawab “asuransi”. Kalau ditanya soal buruknya, pasti saya jawab “susah”. Dan saat ditanya oleh beberapa orang pertanyaan yang masih saya ingat sampai sekarang “Apa seh aktuaria ?” ya… saya selalu menjawab dengan singkat pertanyaan tersebut “Matematika Asuransi”. Karena memang hampir seluruh mata kuliah berkaitan dengan hitung-hitungan (matematika). Orang akan menjadi tahu sedikit tentang kata tersebut. Dimanapun dan kapanpun orang selalu bertanya tentang jurusan kuliah saya itu, sampai terkadang saya malu dengan jurusan yang saya ambil itu. hehehe;p, tapi sekarang saya sangat tidak malu, saya bangga dengan pendidikan yang telah saya tempuh selama 3 tahun yang bekaitan dengan bidang aktuaris, yah lagi-lagi karena saya adalah orang yang beruntung mengetahui tentang ilmu tersebut, yuppp dikarenakan dari banyak penduduk Indonesia hanya segelintir kecil yang mengetahuinya. Beruntung sekali saya mengetahui sesuatu yang sangat menjanjikan dan masih dapat dikatakan langka, kebanyang kan betapa seperti katak dalam tempurung??? hehehe. Tapi kurang berhasil di bidang tersebut..mulanya saya berasal dari Analis Efek dengan modal ujian, tapi saya kurang menyukai bidang Investasi, akhirnya sampai saya ditawarkan asuransi oleh pihak kampus..begitulah cikal bakal saya terpeleset di dunia matematika asuransi ini.

Badeway…orang yang terjun ke Aktuaria dinamakan Aktuaris yang merupakan gelar profesi yang disandang oleh orang-orang yang telah lulus mengikuti serangkain tes yang diselengarakan oleh PAI (Persatuan Aktuaris Indonesia) .  Menurut hitung-hitungan aktuaris sangat menjanjikan, tapi gak tau kenapa minat saya jadi berkurang setelah tau aslinya asuransi itu. Tapi setidak-tidaknya ada yang membanggakan sedikit dari dunia aktuaria, yaitu termasuk  200 pekerjaan yang terbaik dari penelitian di Amerika.

“CareerCast meniliti tentang 200 pekerjaan terbaik dan terburuk di Amerika tahun 2010 berdasarkan 5 kategori utama, yaitu tingkat pendapatan, prospek pekerjaan, lingkungan kerja, tingkat stress, dan tuntutan fisik. Penelitian tersebut menggunakan data dari Biro Statistik Tenaga Kerja Amerika, Sensus, dan Studi Asosiasi Dagang. Berikut adalah ranking teratas dari 200 pekerjaan yang diteliti”

 

Hasil Penelitian Jabatan dengan Penghasilan Tertinggi

Sooooo???? Alhamdulillah, meski gk kecipratan..tapi yang jelas masih bisa dibanggain lah…setidak-tidaknya termasuk orang yang langka…dan wajib dilindungi..haaaa haaaaa…:P

Iklan
Komentar
  1. jek2nanCantik berkata:

    Jadi ternyata..hehe..
    Boleh tahu seperti apa “dunia asuransi” yg dimaksud dalam pernyataan neng Seni “tapi gak tau kenapa minat saya jadi berkurang setelah tau aslinya asuransi itu”

    • senisaleem berkata:

      jadi tenyata apa neng jek2??? yah…kamu n seni sama2 terjebak surat toh??? haaahaaa

      minat berkurang krn susahnya melebihi susahnya akuntansi, dulu seni itu cuma tertarik dlm 3 hal hal, kreativitas, teknologi dan akuntansi…jd tidak tertarik sebenernya bukan hanya susah aja, tapi juga tidak ada pikiran ke asuransi..hehehe,,pissss ;D

  2. jek2nanCantik berkata:

    ih..sy td merasa terjebak..hanya baru menyadarinya kemudian..hahaha..
    Jadi maksud neng seni, matematika asuransi itu susah, tidak kreatif, dan tidak ber-teknologi??
    Terus kenapa Sarjananya ambil asuransi jg neng seni? hehehe..
    BTW neng seni..itu kan salary di US klu di Indonesia berapa ya? haha

    • senisaleem berkata:

      hehehe….gk gitu juga seh…secara hari gini mana ada toh gk yg perlu teknologi??? gk kreatif iya…tuh buktinya,,,situ lebih sering monoton mukanya…haaaahhhaaaa….itulah nasib,,berfikir mencoba menjalani apa benar seni bisa menjadi actuary, tapi tetap ada cita2 dr ubun2 yg sudah rontoh, pengen ngambil asuransi syariah yg nambah langka..haaa…eh, ternyata gk kecimpung juga..qiqiqiqi…

      kalo tanya salary..wah tanya dewan asuransi donk..UMR actuari berapa?????? tuing2…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s